Cara Menuliskan Kode HTML/Php/Javascript Dalam Postingan Blog

Saya suka dengan pemrograman web. Saya juga memiliki beberapa karya sederhana berbasis web. Biasanya saya suka bertukar pikiran serta berbagi dengan rekan-rekan saya mengenai kode-kode pemrograman web yang telah saya buat.
Kemudian saya berpikir, kenapa tidak saya taruh saja dalam postingan blog? Namun ada kendala. Mengingat kode-kode, misalnya kode HTML, yang saya buat itu bakal dibaca oleh Blogger sebagai kode HTML maka saya harus mencari cara agar kode-kode tersebut tidak dibaca sebagai HTML, melainkan sebagai teks biasa.
Alhamdulillah setelah cari-cari di Google saya menemukan tips di contohblog.com. Cara yang harus dilakukan adalah dengan melakukan parse kode yang akan kita masukkan. Lakukan parse menggunakan tools misalnya di blogcrowds dengan cara meng-copy paste kode di box yang disediakan kemudian klik tombol "parse". Kemudian hasil parse di-copy  untuk dimasukkan kedalam postingan. Maka dengan ini kode akan dibaca sebagai teks biasa. Berikut adalah contoh kode yang sudah di-parse :

<!-- HIDE TITLE POST ON STATIC PAGE -->
<b:if cond='data:blog.pageType == "static_page"'>
<style> .post-title.entry-title{display: none;} </style>
</b:if>

Agar terlihat lebih rapi jangan lupa untuk memberi "bungkus" agar kode yang kita tulis tampil beda. Caranya misalkan dengan memberi border dan background tertentu.
Cara memberi border dan background adalah dengan menggunakan kode sperti di bawah ini. Jangan lupa masuk ke dalam model HTML ketika menuliskan kode ini.

<div style="border: 1px solid #ddd; padding: 10px; background-color: #fafafc; text-align: left;"> Kode Script Anda Di Sini </div>

Sehingga bila sudah dibungkus dengan kode border dan background diatas maka jadinya kan seperti dibawah ini :

<!-- HIDE TITLE POST ON STATIC PAGE -->
<b:if cond='data:blog.pageType == "static_page"'>
<style> .post-title.entry-title{display: none;} </style>
</b:if>

Bila ada pertanyaan silakan komentar di bawah ya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke yang lain. Thanks...

Comments