Aplikasi Web Itu Keren!

Kita pasti sadar bahwa teknologi informasi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Bangun tidur, buka ponsel pintar, buka aplikasi ini dan itu. Cek ini itu pun memakai aplikasi baik via ponsel maupun komputer. Yups, aplikasi membantu kehidupan sehari-hari kita. Setuju?
Secara umum kita bisa mengelompokkan aplikasi dalam beberapa jenis. Berdasarkan antar muka aplikasi bisa kita bagi menjadi dua. Pertama aplikasi native, dimana bila ingin memakainya kita harus memasangnya di perangkat yang kita pakai. Sedangkan yang kedua adalah aplikasi berbasis web, yaitu aplikasi yang membutuhkan browser sebagai antar muka untuk memakainya.
Saya menggunakan kedua jenis aplikasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Namun saat ini saya lebih cenderung menyukai aplikasi berbasis web. Menurut saya aplikasi berbasis web itu sesuatu yang keren. Berikut beberapa alasan kenapa aplikasi berbasis web itu keren.

Tidak Perlu Instalasi

Perangkat yang kita pakai hanya membutuhkan sebuah browser bila ingin membuka sebuah aplikasi web. Tidak perlu melakukan instalasi tambahan, kecuali memang dibutuhkan plugin yang tidak tersedia di browser yang kita pakai. Namun jangan khawatir, browser-browser jaman now sudah cukup mumpuni untuk menjalankan teknologi terkini dari aplikasi web. Jadi, jangan lupa untuk selalu update browser bila suka mengakses aplikasi web.

Update? No problem!

Aplikasi yang baik akan selalu melakukan pembaharuan. Bila suatu aplikasi sudah terpasang di perangkat, kemudian pengembang merilis pembaharuan maka idealnya kita melakukan pembaharuan aplikasi di perangkat kita. Ribet, yups!
Namun hal ini tidak akan terjadi bila kita menggunakan aplikasi web. Aplikasi web melakukan pembaharuan di sisi server, artinya saat kita mengakses suatu aplikasi web maka kita mengakses versi paling baru yang berjalan di server aplikasi web itu. Jangan khawatir untuk tidak update saat mengakses suatu aplikasi web.

Hemat Penyimpanan

Kita tahu bahwa aplikasi web tidak membutuhkan instalasi apapun. Artinya tidak ada ruang penyimpanan yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi web. Selain itu pada saat terjadi pembaharuan dari aplikasi web yang kita pakai maka tidak akan mempengaruhi perangkat kita. Berbeda bila suatu aplikasi yang terpasang di perangkat memerlukan pembaharuan maka pasti akan berpengaruh pada sisa ruang penyimpanan dari perangkat.
So, sesungguhnya saat kita memakai aplikasi web maka ruang penyimpanan bisa kita pakai untuk yang lain. Hemat bukan?

Nah, itu beberapa alasan kenapa saya lebih menyukai aplikasi web. Ada pemikiran lain? Mari kita diskusi di kolom komentar.

Comments

Post a Comment