Membuat Tautan Auto Download

Ceritanya saya punya suatu aplikasi streaming video sederhana di jaringan komputer di kantor. Aplikasi tersebut saya bangun menjadi semacam Youtube tetapi tidak terkoneksi dengan internet. Dengan aplikasi ini teman-teman kantor bisa mengunggah dan menonton video hanya dengan menggunakan browser dan tanpa perlu mengunduhnya.
Aplikasi tersebut berjalan lancar. Sampai kemudian semakin banyak yang mengakses terutama ketika ada film atau video yang sedang hits. Alhasil aplikasi saya down. Hal ini karena webserver  yang saya pakai sepertinya tidak kuat melayani streaming video ke semua penonton. Maklum saya hanya menggunakan bahasa Php dan webserver yang saya pakai adalah Apache. Tentunya beda dengan Youtube.
HTML5 video
Akhirnya saya mencoba untuk mematikan fitur video streaming dari aplikasi tersebut dengan tujuan mengurangi beban kerja server. Jadi setiap tautan video yang diklik tidak langsung memainkan video dimaksud melainkan harus mengunduhnya. Namun karena hampir rata-rata browser sekarang sudah mendukung HTML5 video maka bila saya hanya membuat tautan seperti dibawah ini secara otomatis browser akan langsung memainkan videonya.

Tautan video secara sederhana :
 <a href="alamat lokasi video">Tautan Video</a>

Setelah Googling dengan kata kunci "href download" akhirnya ketemu halaman dari W3school mengenai HTML <a> download Attribut. Ternyata untuk memaksa suatu file otomatis diunduh ketika dibuka melalui browser cukup tambahkan atribut "download" didalam tag <a>. Sehingga kodenya menjadi seperti dibawah ini :
<a href="alamat lokasi video" download>Tautan Video</a>
dialog box download
Bila tautan tersebut diklik maka browser akan langsung memunculkan dialog box pilihan open with atau save file. Nama file secara otomatis sesuai dengan nama file sebagaimana file tersebut disimpan di server. Bila ingin memberi nama lain yang berbeda dengan nama file ketika masih berada di server maka cukup beri tambahan filename yang diatur di dalam atribut download tadi. Sehingga kodenya menjadi seperti berikut :
<a href="alamat lokasi video" download="nama file unduhan">Tautan Video</a>

Comments